Jenis Bus Pariwisata Menurut Kapasitasnya

Ilustrasi Interior Bus Pariwisata

Kita sering melihat Bus Pariwisata di jalan maupun di tempat wisata. Dengan berbagai jenis model yang menarik dan kapasitas kursi yang menyesuaikan dengan jumlah penumpang.

Kali ini kami akan membahas jenis-jenis Bus Pariwisata secara umum menurut ukuran dan kapasitas penumpangnya yang mungkin bisa dijadikan referensi Anda dalam pemilihan Sewa Bus Pariwisata.

1. Bigbus

Jenis Bigbus adalah jenis bus pariwisata yang mempunyai ukuran dan kapasitas yang paling besar. Kapasitasnya pun bervariasi yang umumnya mulai dari yang memiliki konfigurasi seat (kursi penumpang) 2-2 maupun 3-2. 

Konfigurasi seat 2-2 maksudnya adalah terbagi 2 baris dengan kiri dan kanan masing-masing 2 seat. Kapasitas yang umum untuk jenis bus dengan konfigurasi 2-2 adalah 47 atau 48 seat. Namun demikian ada juga beberapa Bus Pariwisata yang memiliki kapasitas bus dengan konfigurasi 2-2 yang lebih banyak seperti 50 seat atau malah lebih sedikit seperti 40 seat. 

Konfigurasi seat 3-2 maksudnya adalah terbagi 2 baris dengan 2 seat di sisi kiri dan 3 seat di sisi kanan. Kapasitas yang umum untuk jenis bus dengan konfigurasi 3-2 adalah 59 seat.

Diluar dari konfigurasi seat yang disebutkan diatas ada juga Bus Pariwisata yang memiliki konfigurasi seat 2-1. Nah biasanya untuk konfigurasi seperti ini diperuntukan bagi Bus Mewah (Luxury Bus) yang tentu saja akan lebih luas dan lapang jarak antar seatnya.
Ilustrasi Seat 2-1 Luxury Bus


2. Medium Bus

Jenis Bus Pariwisata Medium ini memiliki kapasitas yang lebih rendah dari Bigbus.

Secara umum konfigurasi seat dari Medium Bus ini adalah 2-2,  ada berbagai kapasitas dari Medium Bus ini diantaranya mulai dari 25 seat, 27seat, 31 seat, 33 seat hingga 35seat. Bahkan ada juga yang memiliki kapasitas hingga 41 seat. Dua kapasitas kapasitas awal yang disebutkan diatas yaitu 25 dan 27 seat sebetulnya masuk kategori Minibus yaitu bus yang lebih kecil dari Medium Bus, namun demikian dalam artikel ini Penulis memasukan dalam kategori Medium Bus.

3. Microbus dan Minivan

Jenis Microbus dan Minivan yang umum sering kita lihat memiliki kapasitas umum mulai dari 8seat hingga 20seat. 

Jenis Bus Pariwisata yang kami bahas diatas adalah menurut kapasitas penumpangnya. Selain itu jenis Bus Pariwisata bisa dilihat pula menurut modelnya yang berbeda-beda dari masing-masing Karoseri Bus yang akan kami bahas lebih lanjut dalam artikel selanjutnya.

Demikian bahasan mengenai jenis Bus Pariwisata menurut kapasitasnya. Semoga bisa berguna bagi Anda yang sedang merencanakan Sewa Bus Pariwisata untuk liburan Anda.

Selamat Berlibur!



Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sombong Lu Sekarang! Sewa Mobil yang Mewah!